0 comment 125 views

Beragam Jenis atau Varietas Padi yang Ditaman di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara yang termasuk dalam daftar produsen padi terbesar di dunia. Menurut data BPS, roduksi padi di tahun 2022 diperkirakan mencapai 55,67 juta ton GKG, jumlah tersebut mengalami kenaikan dari tahun 2021 sebesar 1,25 juta ton GKG atau 2,31 persen yang tercatat sekitar 54,42 juta ton GKG. Padi di Indonesia tidak hanya sejenis saja, ada beragam varietas atau jenis padi yang ditanam di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa jenis padi yang ada di Indonesia:

Padi varietas Ciherang

Ciherang merupakan jenis padi yang paling banyak ditanam di Indonesia. Padi ini dapat ditanam di daerah dataran rendah hingga ketinggian 1000 mdpl. Ciherang memiliki daya tahan terhadap hama penyakit dan cuaca yang tidak merugikan petani.

Padi varietas Inpara

Inpara termasuk jenis padi yang tahan terhadap serangan hama, kekeringan, dan penyakit. Padi ini cocok untuk ditanam di berbagai wilayah dataran rendah dan tinggi dengan produktivitas yang besar.

Padi varietas IR64

IR64 adalah varietas padi yang tahan terhadap hama dan penyakit serta relatif tidak memerlukan harus meluas dan tata penanaman yang rapi. Selain itu, IR64 juga menghasilkan gabah yang besar dan beras yang berkualitas baik.

Padi varietas Situ Bagendit

Situ Bagendit adalah varietas padi yang beradaptasi dengan baik terhadap iklim tropis dan mudah tumbuh di daerah dataran rendah hingga menengah. Padi jenis ini dikenal produktivitas nya tinggi dan kualitasnya yang baik.

Padi varietas Ciherang Sub1

Ciherang Sub1 merupakan varietas padi yang tahan terhadap kekeringan, banjir, dan serangan hama. Padi ini cocok untuk ditanam di daerah-daerah yang sering mengalami kondisi ekstrem.

Padi varietas Mekongga

Mekongga merupakan padi varietas tahan kekeringan dan hama serangan. Padi ini sangat cocok untuk ditanam di lahan kering atau lahan tadah hujan yang rentan terjadinya kekeringan.

Padi varietas Batu Bara

Batu Bara termasuk padi varietas yang tahan terhadap serangan hama dan kekeringan, dan dinilai memiliki produktivitas baik. Jenis padi ini cocok bagai ditanam di wilayah pantai yang memiliki kadar salinitas tinggi.

Di atas adalah beberapa jenis padi yang ada di Indonesia. Jenis-jenis padi tersebut sangat cocok ditanam di berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari dataran tinggi sampai dengan dataran rendah dengan kualitas yang baik.

Tinggalkan Komentar

Komentar Terbaru

  • VIEW NEWZ

    Very interesting news information that doesn't make you bored, especially the latest…

  • BERITA MANTUL

    One of the rare natural phenomena that will occur next month is…

  • 168NEWS

    Several central banks have begun considering raising interest rates to control rising…

  • Anoni

    jazakallah khairo untuk infaq 1jt nya barokallahufik

  • POS VIRAL

    This news is very interesting, the content is different and unusual, making…

Chat WhatsApp
Butuh Bantuan?
Selamat datang di Portal Berita Paradeshi. Untuk memudahkan pembaca dalam memahami beragam informasi yang kami sajikan, baik dalam bentuk berita ataupun artikel, seluruh konten yang dihadirkan kami kanalkan dalam beragam rubrik.

Silahkan menghubungi kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut