0 comment 96 views

Jenis-jenis Ikan Lele yang Sering Dibudidaya dan Dikonsumsi oleh Masyarakat Indonesia

Semua tahu bahwa Ikan lele merupakan ikan air tawar yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Ikan lele sering dibudidayakan dan dimanfaatkan sebagai bahan pangan, baik untuk rumah tangga maupun pasar skala besar. Berikut ini adalah beberapa jenis ikan lele yang populer di Indonesia:

Lele Sangkuriang

Lele sangkuriang adalah jenis ikan lele endemik dari Jawa Barat, namun kini telah menyebar ke berbagai belahan Indonesia. Ikan ini memiliki warna kehitaman pada kulitnya dan biasa hidup di perairan sungai dan waduk.

Lele Dumbo

Lele Dumbo adalah jenis ikan lele yang paling sering di budidayakan di Indonesia karena pertumbuhan dan konversinya yang cepat. Lele Dumbo memiliki tubuh yang relatif besar dan berotot. Ikan lele jenis ini biasa dijual dalam bentuk olahan seperti nugget, siomay, maupun olahan lele dengan rempah-rempah khas Indonesia.

Lele Durian

Lele Durian memiliki ciri khas pada perutnya yang relatif besar dan berotot. Ikan jenis ini sering dijual dalam ukuran kecil karena biasa dibudidaya menggunakan sistem resirkulasi atau oxygenated.

Lele Masamo

Lele Masamo adalah jenis ikan lele asal Kalimantan Selatan yang memiliki warna yang cantik dengan ekor dan sirip merah terang. Ikan ini biasanya dibudidaya menggunakan sistem kolam dan dibiarkan memakan makanan alami seperti plankton dan alga.

Lele Jambal

Lele Jambal berbeda dari jenis-jenis lele lainnya dalam hal bentuk tubuh yang hampir memanjang. Ikan jenis ini sering hidup di perairan sungai dengan aliran yang deras dan ada yang berair payau.

Lele Kanji

Lele Kanji adalah jenis ikan lele yang tersebar di bagian selatan pulau Sulawesi dan biasa dibudidayakan menggunakan sistem tambak. Ikan lele jenis ini dikagumi karena kandungan dagingnya yang bersifat lembut dan gurih serta memiliki nutrisi yang tinggi.

Itulah beberapa jenis ikan lele yang populer ada di Indonesia. Ikan lele memang sangat populer di Indonesia karena dapat dibudidayakan di berbagai wilayah dan diolah menjadi berbagai varian makanan yang lezat dan menarik sehingga menjadi sumber penghasilan bagi beberapa masyarakat dan potensi urusan industri bagi Indonesia. Namun, perlu diketahui bahwa dalam kegiatan budidaya ikan lele sebaiknya diatur agar produk ikan lele yang dihasilkan dapat dipastikan bebas dari pencemaran dan menghasilkan ikan yang berkualitas baik.

Tinggalkan Komentar

Komentar Terbaru

  • VIEW NEWZ

    Very interesting news information that doesn't make you bored, especially the latest…

  • BERITA MANTUL

    One of the rare natural phenomena that will occur next month is…

  • 168NEWS

    Several central banks have begun considering raising interest rates to control rising…

  • Anoni

    jazakallah khairo untuk infaq 1jt nya barokallahufik

  • POS VIRAL

    This news is very interesting, the content is different and unusual, making…

Chat WhatsApp
Butuh Bantuan?
Selamat datang di Portal Berita Paradeshi. Untuk memudahkan pembaca dalam memahami beragam informasi yang kami sajikan, baik dalam bentuk berita ataupun artikel, seluruh konten yang dihadirkan kami kanalkan dalam beragam rubrik.

Silahkan menghubungi kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut