0 comment 69 views

Makanan Khas Suku Dayak Kalimantan yang Menggoyang Lidah

Pada tulisan sebelumnya yang berjudul Mengenal Suku Dayak Di Kalimantan. Kita sudah mengenal tentang adat istiatat Suku Dayak. Selain keunikan budaya yang dimiliki oleh suku Dayak, ternyata suku Dayak memiliki ragam kuliner asli dengan kekhasannya. Berikut adalah beberapa makanan khas yang terkenal di kalangan suku Dayak:

Pansoh

Makanan ini terbuat dari daging atau ikan yang dimasak dalam bambu bersama dengan bahan-bahan seperti daun jeruk, bumbu-bumbu dan beras ketan dengan cara dipanggang di atas api. Pansoh memiliki cita rasa yang unik dan lezat dengan aroma bambu yang khas.

Lalab Dayak

Makanan ini terdiri dari daun ubi yang direbus dan dicampur dengan acar dan bumbu-bumbu tradisional. Lalab Dayak biasanya disajikan sebagai pelengkap untuk makanan utama.

Timus alias ubi jalar

Timus merupakan hidangan yang dibuat dari ubi jalar, bisa langsung dimakan atau dibuat berbagai macam kudapan. Salah satunya yaitu West (Jajak) timus yang berikut adalah bahan-bahan:

  • Timus kukus yang diiris melintang tipis
  • Telur matang dan diiris kotak
  • Tepung ketan dicampur dengan air dan garam, lalu digoreng
  • Daun ketumbar
  • Keju parut atau parutan kelapa.

Ayam pansuh

Sejenis hidangan ayam panggang/nugget, namun kali ini menggunakan bahan air kaldu dengan rempah – rempah alami dan dimasukkan kedalam bambu untuk dimasak.

Sele atau eksotik Satay

Jenis saus kacang dari suku Dayak, biasanya disajikan sebagai hidangan kudapan atau sebagai saus pendamping makanan utama lainnya.

Di atas adalah beberapa contoh dari berbagai makanan khas suku Dayak yang dapat ditemukan di daerah-daerah yang dihuni oleh suku Dayak. Makanan-makanan tersebut dikenal kelezatannya dan memberikan pengalaman kuliner yang unik dan menyenangkan.

Tinggalkan Komentar

Komentar Terbaru

  • VIEW NEWZ

    Very interesting news information that doesn't make you bored, especially the latest…

  • BERITA MANTUL

    One of the rare natural phenomena that will occur next month is…

  • 168NEWS

    Several central banks have begun considering raising interest rates to control rising…

  • Anoni

    jazakallah khairo untuk infaq 1jt nya barokallahufik

  • POS VIRAL

    This news is very interesting, the content is different and unusual, making…

Chat WhatsApp
Butuh Bantuan?
Selamat datang di Portal Berita Paradeshi. Untuk memudahkan pembaca dalam memahami beragam informasi yang kami sajikan, baik dalam bentuk berita ataupun artikel, seluruh konten yang dihadirkan kami kanalkan dalam beragam rubrik.

Silahkan menghubungi kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut