0 comment 60 views

Beragam Jenis Senjata Tradisional Warisan Budaya Leluhur Nusantara

Senjata tradisional adalah bagian dari warisan budaya bangsa Indonesia. Senjata tradisional menjadi peninggalan sejarah dan merupakan pengingat akan kejayaan dan kemajuan bangsa di masa lalu. Ada banyak jenis-jenis senjata Tradisional Warisan Budaya Leluhur Nusantara yang dibuat oleh orang-orang di masa lampau dengan menggunakan teknologi dan bahan yang sederhana namun kreatif. Beberapa senjata tradisional yang ada di Indonesia antara lain:

Keris

Keris adalah senjata tradisional khas Melayu yang terbuat dari logam yang tajam, tipis, dan lentur. Selain dipakai sebagai senjata, keris pun memiliki kegunaan lain sebagai pusaka atau kepercayaan spiritual. Biasanya keris ini berwujud pinggir bilah berkelok dengan gagang berbentuk danuk atau umbul-umbul.

Golok

Golok adalah senjata tradisional khas Nusantara yang terbuat dari besi atau baja. Alat ini biasa digunakan untuk membaktikan pohon kayu, memotong sayur, dan sebagai alat pertahanan di masa peperangan. Bentuk bulat atau serong, berpisau tajam dan corong/lubang untuk menyangga gagang golok.

Tombak

Tombak adalah alat untuk menyerang dengan cara tusukan, sangat ampuh dalam menjaga diri terutama ketika melawan musuh pada masa silam. Tombak terbuat dari logam, atau kayu, dengan ujung yang dilengkapi dengan paku khas. Tombak ini dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Busur dan panah

Busur (lingga) dan panah (panahan) adalah lambang penting bagi kehidupan manusia di masa lampau, karena selain berperan sebagai alat perang, busur dan panah juga membantu dalam mencari makanan yang sulit dihadapi. Busur dihasilkan dari kayu yang bersifat keras dan lentur yang dilakukan proses melengkapi bagi penggunaan dalam melapangkan panah.

Kujang

Kujang adalah senjata yang hampir semua orang di Jawa Barat kenal dengan baik. Senjata ini juga dikaitkan dengan kepercayaan religius yang banyak dipraktikkan oleh masyarakat setempat. Bentuk bilah segitiga bulat atau titik tak beraturan, serta gagang kayu yang digabungkan pada ujung.

Mandau

Mandau atau Badik Dayak adalah senjata tradisional khas suku Dayak. Terbuat dari kayu dan digunakan oleh masyarakat Dayak sebagai alat pertahanan atau pahatan pada beberapa ritual adat istiadat yang saat ini lebih populer sebagai serangkaian kegiatan wisata di aroma Pulau Kalimantan.

Demikianlah beberapa senjata tradisional yang ada di Indonesia, masing-masing dari wilayah Nusantara memiliki senjata khas dan memiliki tentunya memiliki ciri ikonik tersendiri. Walaupun senjata-senjata tersebut telah lama ditinggalkan dari kondisi sosial kehidupan, senjata-senjata ini masih bisa ditemukan dan dipergunakan sebagai bagian dari warisan budaya bangsa.

Tinggalkan Komentar

Komentar Terbaru

  • VIEW NEWZ

    Very interesting news information that doesn't make you bored, especially the latest…

  • BERITA MANTUL

    One of the rare natural phenomena that will occur next month is…

  • 168NEWS

    Several central banks have begun considering raising interest rates to control rising…

  • Anoni

    jazakallah khairo untuk infaq 1jt nya barokallahufik

  • POS VIRAL

    This news is very interesting, the content is different and unusual, making…

Chat WhatsApp
Butuh Bantuan?
Selamat datang di Portal Berita Paradeshi. Untuk memudahkan pembaca dalam memahami beragam informasi yang kami sajikan, baik dalam bentuk berita ataupun artikel, seluruh konten yang dihadirkan kami kanalkan dalam beragam rubrik.

Silahkan menghubungi kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut