1 comment 63 views

Mengenal Suku Dayak Di Kalimantan

Suku Dayak adalah salah satu suku yang mendiami daerah Kalimantan dan dikenal dengan adat dan budayanya yang sangat khas. Selain adat dan kepercayaan, kesenian dari suku Dayak juga sangat menarik dan memiliki ciri khas tersendiri.

Salah satu kesenian yang paling terkenal di kalangan suku Dayak adalah Tari Perang. Tari Perang menceritakan tentang semangat para Pejuang Dayak dalam menghadapi lawan-lawan mereka. Melalui gerakan tariannya, penari Perang Dayak menunjukkan keberanian dan kekuatan mereka, serta semangat juang yang tinggi.

Selain Tari Perang, ada juga tarian lainnya yang identik dengan budaya Dayak, yaitu Tari Mandau. Tari ini menceritakan tentang sejarah Mandau, yaitu sebuah senjata tradisional yang digunakan oleh suku Dayak di masa lalu.

Selain tari-tarian, suku Dayak juga terkenal dengan seni ukir dan seni anyaman yang sangat indah. Seni ukir Dayak biasanya ditemukan pada kayu atau bambu, seperti tiang-tiang di bangunan rumah adat Dayak. Sedangkan seni anyaman Dayak biasa ditemukan pada tikar dan keranjang.

Suku Dayak juga memiliki beberapa upacara adat yang masih dilakukan hingga saat ini. Salah satu upacara adat yang paling terkenal adalah Gawai Dayak. Gawai Dayak dapat diartikan sebagai “Festival panen” atau “Hari Raya” bagi suku Dayak. Penampilan tarian dan musik tradisional Dayak selalu menjadi bagian penting dalam perayaan Gawai Dayak.

Secara keseluruhan, suku Dayak memiliki budaya dan kesenian yang sangat unik dan menarik. Budaya dan kesenian Dayak tetap lestari dan dijaga dengan baik oleh masyarakat yang masih menjaga adat lama. Melalui keberadaan budaya dan kesenian Dayak, ketangguhan dan semangat pejuang suku Dayak sampai sekarang tetap terjaga dengan baik.

1 comment

Makanan Khas Suku Dayak Kalimantan yang Menggoyang Lidah - Paradeshi Mei 4, 2023 - 3:43 pm

[…] tulisan sebelumnya yang berjudul Mengenal Suku Dayak Di Kalimantan. Kita sudah mengenal tentang adat istiatat Suku Dayak. Selain keunikan budaya yang dimiliki oleh […]

Reply

Tinggalkan Komentar

Komentar Terbaru

  • VIEW NEWZ

    Very interesting news information that doesn't make you bored, especially the latest…

  • BERITA MANTUL

    One of the rare natural phenomena that will occur next month is…

  • 168NEWS

    Several central banks have begun considering raising interest rates to control rising…

  • Anoni

    jazakallah khairo untuk infaq 1jt nya barokallahufik

  • POS VIRAL

    This news is very interesting, the content is different and unusual, making…

Chat WhatsApp
Butuh Bantuan?
Selamat datang di Portal Berita Paradeshi. Untuk memudahkan pembaca dalam memahami beragam informasi yang kami sajikan, baik dalam bentuk berita ataupun artikel, seluruh konten yang dihadirkan kami kanalkan dalam beragam rubrik.

Silahkan menghubungi kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut