1 comment 142 views

Mengenal Suku Bugis; Tradisi dan Budaya Keseharian

Salah satu besar dari 360an suku yang tersebar di 17.508 pulau di Indonesia adalah Suku Bugis. Suku Bugis merupakan salah satu suku bangsa yang mendiami bagian selatan Pulau Sulawesi dan merupakan suku terbesar di Sulawesi Selatan, Indonesia. Masyarakat adat Bugis telah berkembang sejak abad ke-13 dan memiliki warisan tradisi dan adat yang unik serta bernilai tinggi.

Keunikan budaya masyarakat Bugis dapat ditemukan dalam berbagai aspek, mulai dari bahasa, adat istiadat, agama, kesenian, hingga ajaran warisan nenek moyang. Walaupun terdapat perbedaan dalam hal bahasa, adat istiadat, dan ajaran, namun suku Bugis biasanya dapat dikenali melalui adanya karakteristik khusus yang melekat dalam masyarakat Bugis. Berikut ini adalah beberapa ciri khas masyarakat Bugis:

Adat Perkawinan

Suku Bugis memiliki aturan yang ketat dalam hal perkawinan dan mendukung perkawinan tidak hanya dengan orang dari daerah mereka sendiri, namun juga dari daerah lain. Begitu pula dengan hubungan silaturahmi antar keluarga dari pasangan yang baru menikah.

Gending-Gending Layar

Gending-gending Layar adalah jenis musik dan tari tradisional masyarakat Bugis yang menceritakan kehidupan masyarakat Bugis. Gending-gending Layar biasanya dimainkan pada acara adat atau upacara keagamaan.

Halal bi Halal

Halal bi Halal adalah kegiatan silaturahmi antar keluarga dan para tetangga yang dilakukan ketika menjelang atau setelah Hari Raya Idul Fitri. Kegiatan ini biasanya diisi dengan saling meminta maaf dan memberikan hadiah kepada keluarga dan para tetangga.

Tabarruk

Tabarruk adalah praktik dalam ajaran agama Bugis yang dianut oleh sebagian masyarakat Bugis. Praktik ini awalnya merupakan ajaran kepercayaan Hindu di Sulawesi Selatan yang dilakukan sebagai bentuk permohonan atau syukur agar diberikan keberuntungan dalam hidup.

Dandang Tingang

Dandang Tingang adalah ritual pemakaman agama Bugis yang biasa digunakan oleh masyarakat Bugis tradisional hingga saat ini. Ritual Dandang Tingang melibatkan tarian, intu yang menjalankan adat psikologis, hingga pembacaan doa.

Secara keseluruhan, suku Bugis adalah sebuah komunitas yang sangat kaya akan kebudayaan dan adat istiadatnya. Keunikan tradisi dan adat masyarakat Bugis telah menjadi warisan yang perlu dilestarikan guna memperkaya dan memperkuat budaya Indonesia secara keseluruhan.

1 comment

Kesenian dan adat Istiadat Suku Bugis yang Menjadi Warisan Nusantara - Paradeshi Mei 4, 2023 - 4:30 pm

[…] Bugis memiliki tradisi dan budaya yang kaya akan kearifan lokal. Dalam tulisan sebelumnya tentang Mengenal Suku Bugis; Tradisi dan Budaya Keseharian, kita sudah berkenalan dengan suku bugis tentang tradisi dan budaya keseharian. Lebih jauh dalam […]

Reply

Tinggalkan Komentar

Komentar Terbaru

  • VIEW NEWZ

    Very interesting news information that doesn't make you bored, especially the latest…

  • BERITA MANTUL

    One of the rare natural phenomena that will occur next month is…

  • 168NEWS

    Several central banks have begun considering raising interest rates to control rising…

  • Anoni

    jazakallah khairo untuk infaq 1jt nya barokallahufik

  • POS VIRAL

    This news is very interesting, the content is different and unusual, making…

Chat WhatsApp
Butuh Bantuan?
Selamat datang di Portal Berita Paradeshi. Untuk memudahkan pembaca dalam memahami beragam informasi yang kami sajikan, baik dalam bentuk berita ataupun artikel, seluruh konten yang dihadirkan kami kanalkan dalam beragam rubrik.

Silahkan menghubungi kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut