3 comments 88 views

Menjadi Pemilih Sehat Untuk Negara Kuat

Pergulatan potitik di Indonesia, bisa kita lihat ada banyak hal yang bisa kita jumpai saat-saat masa pemilihan untuk pemilu di setiap eranya. Begitu banyak seruan dari partai-partai politik kepada masyarakat yang dimana mereka lebih mengutamakan citra komunitasnya dibandingkan dengan real the action terhadap aspirasi masyarakat saat sesudah terpilih. Oleh karenanya, sebagai generasi yang di bilang Gen-Z ini kita harus mampu membangun suasana baru yang lebih terfokus terhadap tujuan bersama yang mencangkup dari berbagai aspirasi masyarakat demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa. Lalu, hal apa saja yang mungkin bisa kita bangun bersama untuk memulai progres tersebut. Tentunya, yang pertama adalah dimulai dari kesadaran diri. Dengan menyatakan bahwa kita sadar terhadap suatu keadaan, kondisi, dan impact dari apa yang akan kita lakukan nanti, itu merupakan suatu bentuk bahwa diri kita siap menerima segala konsekuensi dari sebuah keputusan yang akan kita ambil. Yang kedua, mampu mengolah wawasan dengan bijak. Artinya tidak semua orang yang memiliki wawasan luas itu selalu benar, namun bisa terjadi secuil celah saja dapat memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertindak pada jalan yang salah. Maka perlulah kita untuk bisa selalu bijak dalam mengolah sebuah wawasan . Yang ketiga, berani untuk kritis. Dalam dunia politik menyampaikan pendapat diri sendiri terkadang memang hal yang tidak mudah, jika tidak disertai dengan landasan yang jelas. Namun, bagaimana bangsa ini bisa maju jikalau kitanya saja, hanya bisa mengikuti alur yang sudah berjalan. Bukankah tidak ada salahnya kita menyuarakan isi hati dan aspirasi kita untuk kemajuan bangsa ini. Ya tentunya kita harus berani untuk hal itu, mengkritis untuk sebuah solusi bukan untuk pujian hati.

Negara yang kuat membutuhkan pondasi yang kokoh, di negara Indonesia sendiri menjadikan pancasila sebagai ideologi dasar negara. Artinya di dalam suatu negara baik itu masyarakat maupun pemerintahnya harus paham betul dalam menjalankan ideologi pancasila sebagai ideologi dasar negara. Ideologi merupakan hasil pemikiran atau ide yang mencangkup nilai-nilai tertentu demi mencapai sebuah tujuan bersama. Ideologi juga di jadikan sebagai identitas suatu negara karena fungsinya yang sangat penting dalam peranan di kehidupan masyarakat. Karenanya, jika kita lihat makna pada bunyi sila keempat pancasila yaitu “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan” di maksudkan bahwa negara Indonesia adalah milik seluruh warga negaranya dengan sistem demokrasi dan menjunjung pemilihan keputusan dengan musyawarah. Maka dari itu, sebagai warga negara yang bijak seharusnya kita akan lebih bisa dan paham dalam memilih kader perwakilan bangsa untuk bisa membangun negara ini bisa maju bersama dengan aspirasi masyarakatnya. “Menjadi Pemilih Sehat Untuk Negara Kuat” ada pada jiwa masyarakat yang dapat memperhatikan tiga hal penting diantaranya di mulai dari kesadaran diri, mampu mengolah wawasan dengan bijak serta berani untuk kritis.

 

Referensi

  • https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20230529140728-569-955302/mengenal-pancasila-sebagai-ideologi-negara-indonesia/amp
  • https://katadata.co.id/intan/berita/6396f3c23d853/memahami-makna-sila-ke-4-beserta-penerapannya-dalam-kehidupan
  • Sebagian dari isi dari tulisan esai ini adalah ide atau pendapat pribadi penulis.

3 comments

Isneni November 26, 2023 - 10:04 am

Semoga dengan ikut bakat penulis muda bisa menuangkan pengetahuan dan kreatifitas lewat tulisan yang berbobot, penuh ilmu dan bermakna.

Reply
Isneni November 26, 2023 - 10:05 am

Selamat dan sukses atas ikutnya ajang pencarian bakat tulis.

Reply
Isneni November 26, 2023 - 11:46 am

muda berkarya untuk kemajuan bangsa, bangsanya maju rakyat sejahtera.

Reply

Tinggalkan Komentar

Komentar Terbaru

  • VIEW NEWZ

    Very interesting news information that doesn't make you bored, especially the latest…

  • BERITA MANTUL

    One of the rare natural phenomena that will occur next month is…

  • 168NEWS

    Several central banks have begun considering raising interest rates to control rising…

  • Anoni

    jazakallah khairo untuk infaq 1jt nya barokallahufik

  • POS VIRAL

    This news is very interesting, the content is different and unusual, making…

Chat WhatsApp
Butuh Bantuan?
Selamat datang di Portal Berita Paradeshi. Untuk memudahkan pembaca dalam memahami beragam informasi yang kami sajikan, baik dalam bentuk berita ataupun artikel, seluruh konten yang dihadirkan kami kanalkan dalam beragam rubrik.

Silahkan menghubungi kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut