0 comment 93 views

Tantangan dan Peluang Gen Z dalam Politik Praktis

Generasi Z, yang lahir antara tahun 1997-2012, merupakan kelompok usia terbesar di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2022, Gen Z merupakan 27,95% dari total penduduk Indonesia, atau sekitar 88,4 juta jiwa. Jumlah yang besar ini menjadikan Gen Z sebagai kelompok usia yang sangat potensial untuk berperan dalam politik praktis.

A. Keterlibatan Gen Z dalam politik praktis

Gen Z mulai menunjukkan keterlibatannya dalam politik praktis dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya partisipasi Gen Z dalam kegiatan politik, seperti demonstrasi, kampanye, dan pemilihan umum.

a. Demonstrasi

Gen Z sering terlibat dalam demonstrasi untuk menyuarakan pendapat mereka tentang berbagai isu, seperti korupsi, ketidakadilan, dan perubahan iklim. Misalnya, pada tahun 2022, Gen Z menjadi salah satu kelompok yang aktif berdemonstrasi menentang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Gen Z memiliki akses yang luas terhadap informasi dan teknologi, sehingga mereka dapat dengan mudah mengetahui dan memahami isu-isu politik. Selain itu, Gen Z juga memiliki kesadaran politik yang tinggi dan ingin menciptakan perubahan di Indonesia. Hal ini mendorong Gen Z untuk terlibat dalam demonstrasi untuk menyuarakan pendapat mereka tentang berbagai isu yang mereka anggap penting.

b. Kampanye

Gen Z juga aktif terlibat dalam kampanye pemilu. Mereka sering menjadi relawan untuk membantu kandidat yang mereka dukung. Misalnya, pada pemilihan umum presiden 2024, Gen Z diperkirakan akan menjadi kelompok pemilih terbesar. Gen Z memiliki kesadaran politik yang tinggi dan ingin terlibat dalam proses demokrasi. Selain itu, Gen Z juga memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk terlibat dalam kampanye pemilu. Hal ini mendorong Gen Z untuk terlibat dalam kampanye pemilu untuk mendukung kandidat yang mereka dukung

c. Pemilihan umum

Partisipasi Gen Z dalam pemilihan umum juga meningkat. Pada pemilihan umum legislatif 2019, tingkat partisipasi Gen Z mencapai 80,2%, meningkat dari 76,2% pada pemilihan umum legislatif 2014.

Gen Z memiliki kesadaran politik yang tinggi dan ingin terlibat dalam proses demokrasi. Selain itu, Gen Z juga memiliki akses yang luas terhadap informasi dan teknologi, sehingga mereka dapat dengan mudah memahami dan mengikuti proses pemilihan umum. Hal ini mendorong Gen Z untuk berpartisipasi dalam pemilihan umum untuk memilih pemimpin yang mereka dukung.

B. Faktor-faktor yang mendorong keterlibatan Gen Z dalam politik praktis

Ada beberapa faktor yang mendorong keterlibatan Gen Z dalam politik praktis, antara lain:

a. Akses informasi dan teknologi

Gen Z adalah generasi yang lahir di era digital. Mereka memiliki akses yang luas terhadap informasi dan teknologi, sehingga mereka dapat dengan mudah mengetahui dan memahami isu-isu politik.

Akses informasi dan teknologi yang luas memungkinkan Gen Z untuk mengetahui berbagai isu politik yang terjadi di Indonesia. Selain itu, Gen Z juga dapat menggunakan teknologi untuk mengekspresikan pendapat mereka tentang berbagai isu politik. Hal ini mendorong Gen Z untuk terlibat dalam politik praktis untuk menyuarakan pendapat mereka tentang berbagai isu yang mereka anggap penting.

b. Kesadaran politik

Gen Z memiliki kesadaran politik yang tinggi. Mereka peduli dengan kondisi negara dan ingin terlibat dalam upaya untuk memperbaikinya. Gen Z tumbuh di era yang penuh dengan perubahan dan tantangan. Mereka melihat berbagai masalah yang dihadapi Indonesia, seperti korupsi, ketidakadilan, dan perubahan iklim. Hal ini mendorong Gen Z untuk terlibat dalam politik praktis untuk menciptakan perubahan di Indonesia.

c. Keinginan untuk perubahan

Gen Z ingin menciptakan perubahan di Indonesia. Mereka percaya bahwa mereka dapat berperan dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Gen Z memiliki optimisme dan harapan untuk masa depan Indonesia. Mereka percaya bahwa mereka dapat membuat Indonesia menjadi lebih baik. Hal ini mendorong Gen Z untuk terlibat dalam politik praktis untuk mewujudkan cita-cita mereka.

C. Peran Gen Z dalam politik praktis

Gen Z memiliki potensi untuk memainkan peran penting dalam politik praktis. Mereka dapat memberikan perspektif baru dan segar dalam proses pengambilan keputusan politik. Selain itu, Gen Z juga dapat menjadi agen perubahan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih demokratis dan adil.

Gen Z memiliki cara pandang yang berbeda dari generasi sebelumnya. Mereka lebih terbuka terhadap perubahan dan memiliki keinginan yang kuat untuk menciptakan perubahan. Hal ini dapat memberikan perspektif baru dan segar dalam proses pengambilan keputusan politik. Selain itu, Gen Z juga dapat menjadi agen perubahan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih demokratis dan adil. Mereka dapat menyuarakan pendapat mereka tentang berbagai isu politik dan mendorong perubahan.

D. Tantangan yang dihadapi Gen Z dalam politik praktis

Gen Z juga menghadapi beberapa tantangan dalam politik praktis, antara lain:

a. Kurangnya pengalaman

Gen Z masih merupakan generasi muda yang relatif belum memiliki pengalaman dalam politik praktis. Gen Z perlu belajar dan mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk terlibat dalam politik praktis. Mereka perlu belajar tentang proses politik, cara membangun jaringan, dan cara berkomunikasi secara efektif.

b. Perbedaan generasi

Gen Z memiliki perbedaan generasi dengan generasi sebelumnya, sehingga mereka mungkin sulit untuk diterima oleh generasi sebelumnya. Gen Z memiliki cara pandang dan nilai-nilai yang berbeda dari generasi sebelumnya. Hal ini dapat menimbulkan perbedaan pendapat dan konflik antara Gen Z dan generasi sebelumnya.

c. Polarisasi politik

Polarisasi politik yang terjadi di Indonesia dapat menyulitkan Gen Z untuk berperan secara efektif dalam politik praktis.Polarisasi politik dapat membuat Gen Z sulit untuk menemukan titik temu dengan pihak-pihak yang berbeda pandangan. Hal ini dapat menyulitkan Gen Z untuk bekerja sama dengan pihak-pihak lain untuk mewujudkan perubahan.

E. Dampak keterlibatan Gen Z dalam politik praktis

Keterlibatan Gen Z dalam politik praktis dapat memberikan dampak positif bagi Indonesia, antara lain:

a. Peningkatan partisipasi politik

Keterlibatan Gen Z dalam politik praktis dapat meningkatkan partisipasi politik masyarakat Indonesia. Hal ini dapat mendorong terciptanya pemerintahan yang lebih demokratis dan representatif.

b. Penciptaan perubahan

Keterlibatan Gen Z dalam politik praktis dapat mendorong terciptanya perubahan di Indonesia. Gen Z memiliki ide-ide dan cara pandang baru yang dapat membantu mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

c. Peningkatan kualitas demokrasi

Keterlibatan Gen Z dalam politik praktis dapat meningkatkan kualitas demokrasi Indonesia. Gen Z dapat mendorong terciptanya proses politik yang lebih transparan, akuntabel, dan inklusif.

Dengan keterlibatan Gen Z dalam politik praktis, diharapkan Indonesia dapat menjadi negara yang lebih demokratis, adil, dan sejahtera.

F. Kesimpulan

Gen Z memiliki potensi untuk menjadi kekuatan penting dalam politik praktis Indonesia. Namun, mereka juga menghadapi beberapa tantangan yang perlu diatasi. Dengan upaya dan kerja sama dari berbagai pihak, Gen Z dapat berperan secara efektif dalam mewujudkan Indonesia yang lebih demokratis dan adil.

Referensi

  • BPS. (2022). Proyeksi Penduduk Indonesia 2020-2070. Jakarta: BPS.
  • Cahyaningrum, E. (2022). Peran Generasi Z dalam Politik Praktis di Indonesia. Jurnal Politik Indonesia, 10(2), 149-160.
  • Fadlillah, I. (2022). Peran Generasi Z dalam Politik: Tantangan dan Peluang. Jurnal Ilmiah Ilmu Politik, 12(1), 1-13.
  • Adhi, R. (2022). Generasi Z dan Politik: Tantangan dan Peluang. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Politik, 17(1), 1-11.
  • Basuki, A., & Kusumaningtyas, D. (2022). Keterlibatan Generasi Z dalam Politik: Studi Kasus pada Aktivis Mahasiswa di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan, 12(2), 139-156.
  • Nurdin, A., & Nuryanti, R. A. (2022). Peran Generasi Z dalam Politik di Indonesia: Tantangan dan Peluang. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 17(2), 163-173.

Tinggalkan Komentar

Komentar Terbaru

  • VIEW NEWZ

    Very interesting news information that doesn't make you bored, especially the latest…

  • BERITA MANTUL

    One of the rare natural phenomena that will occur next month is…

  • 168NEWS

    Several central banks have begun considering raising interest rates to control rising…

  • Anoni

    jazakallah khairo untuk infaq 1jt nya barokallahufik

  • POS VIRAL

    This news is very interesting, the content is different and unusual, making…

Chat WhatsApp
Butuh Bantuan?
Selamat datang di Portal Berita Paradeshi. Untuk memudahkan pembaca dalam memahami beragam informasi yang kami sajikan, baik dalam bentuk berita ataupun artikel, seluruh konten yang dihadirkan kami kanalkan dalam beragam rubrik.

Silahkan menghubungi kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut