0 comment 51 views

Pentingnya Kontribusi Gen-Z dalam Mengawal Demokrasi di Indonesia

Generasi Z adalah generasi yang lahir dalam rentang tahun 1997 hingga 2012. Mereka tumbuh dalam perkembangan teknologi yang begitu pesat sehingga memungkinkan mereka memiliki pandangan politik yang mengglobal dan progresif. Dalam isu politik, kontribusi Generasi Z memiliki peranan penting dalam mengawal demokrasi di Indonesia.

Generasi Z adalah generasi yang saling terhubung satu sama lain. Mereka dianggap sebagai generasi yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang mendalam mengenai teknologi. Hal tersebut dikarenakan mereka tumbuh di tengah pengaruh globalisasi, sebagian besar dari mereka memiliki smartphone dan jaringan internet sehingga memberikan mereka akses informasi dari berbagai penjuru dunia tanpa batas ruang dan waktu. Akses informasi telah menciptakan pandangan yang progresif dalam berbagai bidang kehidupan, seperti bisnis, pendidikan, pekerjaan, hingga pandangan politik. Secara keseluruhan, perkembangan teknologi telah membuka cakrawala pengetahuan Generasi Z secara global dan progresif.

Generasi Z juga peduli terhadap isu-isu yang berkembang di sekitar mereka. Saat ini sudah banyak sekali organisasi-organisasi kepemudaan yan bergerak dalam lingkup nasional maupun internasional. Organisasi-organisasi tersebut mencakup isu-isu seperti perubahan iklim, kesehatan mental, pendidikan, pemeberdayaan perempuan, dan lain sebagainya. Di Indonesia, kebijakan-kebijakan isu-isu tersebut dapat sangat dipengaruhi oleh pemimpin yang dipilih secara demokratis.

Keterlibatan Generasi Z dalam pengawalan demokrasi di Indonesia sangatlah penting. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, Indonesia diperkirakan akan mengalami bonus demografi pada tahun 2030. Penting bagi sebuah negara untuk mempersiapkan diri menghadapi kesempatan emas tersebut dengan memberikan dukungan-dukungan terkhusus kepada Generasi Z demi terrcapainya sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing global. Hal tersebut tentu sangat dipengaruhi oleh pemimpin yang berwenang mengatur dan menetapkan kebijakan dalam suatu negara.

Kedua, kebijakan-kebijakan terkait isu-isu yang beredar sangat dipengaruhi oleh pemimpin suatu negara. Saat ini, isu-isu yang beredar di masyarakat sangatlah beraneka ragam. Isu-isu tersebut tidak hanya terjadi dalam ruang lingkup masyarakat yang kecil. Namun, hingga berskala nasional atau bahkan hingga berskala internasional. Di tengah maraknya isu-isu tersebut, diperlukan pemimpin yang bijaksana dalam mengatasi masalah yang ada dan dan memberikan ruang kepada para Generasi Z untuk berkontribusi aktif mengatasi isu-isu tersebut bersama.

Ketiga, penyelesaian konflik. Indonesia adalah negara yang beragam pulau, kebudayaan, agama, dan bahasa. Keberagaman tersebut tentu saja mencerminkan perbedaan. Perbedaan-perbedaan yang terjadi di tengah masyarakat rentan sekali terjadi konflik. Selain itu, meski perkembangan teknologi memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia, tetapi hal tersebut tak terlepas dari dampak-dampak negatifnya. Perkembangan teknologi yang pesat telah memunculkan variasi-variasi konflik yang terjadi di masyarakat, seperti berita-berita hoaks, fitnah, pencemaran nama baik, konflik antar suku maupun umat beragama, dan lain sebagainya. Pemimpin yang menjabat dalam suatu negara akan sangat mempengaruhi penyelesaian masalah terhadap konflik-konflik yang terjadi di masyarakat. Peran pemimpin sangat penting demi terciptanya masyarakat yang damai dan sejahtera.

Keempat, Generasi Z sebagai penerus bangsa. Usia Generasi Z dapat dikategorikan sebagai pemuda. Para pemuda memiliki peran penting bagi masa depan negara. Selain mereka digolongkan sebagai usia yang produktif, mereka adalah calon pemimpin di masa depan. Menjadi pemimpin bukanlah perkara mudah, melainkan perlu ilmu dan pengalaman yang ditempa selama bertahun-tahun. Keterlibatan Generasi Z dalam pengawalan demokrasi akan sangat penting karena dengan hal tersebut akan memberikan pemahaman kepada Generasi Z untuk bekal mereka sebagai calon pemimpin di masa yang akan datang.

Secara keseluruhan, kontribusi Generasi Z sangat penting untuk mengawal demokrasi di Indonesia. Mereka adalah generasi yang terhubung dan berdedikasi. Melalui partisipasi aktif dalam proses demokrasi, mereka dapat membantu membentuk masa depan negara ini

DAFTAR PUSTAKA

  • Britannica. (n.d.). Gen Z | Years, Age Range, Meaning, & Characteristics
  • Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2023). Komitmen Pemerintah Wujudkan Bonus Demografi yang Berkualitas.

Tinggalkan Komentar

Komentar Terbaru

  • VIEW NEWZ

    Very interesting news information that doesn't make you bored, especially the latest…

  • BERITA MANTUL

    One of the rare natural phenomena that will occur next month is…

  • 168NEWS

    Several central banks have begun considering raising interest rates to control rising…

  • Anoni

    jazakallah khairo untuk infaq 1jt nya barokallahufik

  • POS VIRAL

    This news is very interesting, the content is different and unusual, making…

Chat WhatsApp
Butuh Bantuan?
Selamat datang di Portal Berita Paradeshi. Untuk memudahkan pembaca dalam memahami beragam informasi yang kami sajikan, baik dalam bentuk berita ataupun artikel, seluruh konten yang dihadirkan kami kanalkan dalam beragam rubrik.

Silahkan menghubungi kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut